Tahun ke
tahun, masa ke masa dan zaman ke zaman peradaban manusia semakin berkembang dan
maju, banyak yang berubah setiap masa ke masa dan zaman. Terutama dibidang
teknologi, sebelum membahas lebih jauh kita bahas terlebih dahulu tentang
definisi dan pengertian dari kata teknologi itu sendiri.
·
Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan
praktis; ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai
keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi
kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia
·
Teknologi
adalah ; 1) Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik 2) Ilmu
pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri (Harahap,
Poerbahawadja, 1982 : 1357). # Teknologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang
berkenaan dengan industri bangunan, mesin- mesin dan sebagainya ( Salim, 1985 :
2015)
·
Teknologi
sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La
Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang
dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal
ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu
secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau
pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi).
Hampir
seluruh negara di dunia berlomba-lomba mengembangakan teknologi, terutama
negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Russia, Jepang,
Korea dll. Semua itu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari teknologi
tersebut yaitu menjadikan segala kegiatan manusia agar menjadi lebih baik,
cepat, murah, dan efisien.
-
Telepon,
berawal dari telepon kemudian berkembang menjadi telepon genggam (Handphone). Telpon hanya dapat digunkan
untuk perbincangan dua arah selain itu telpon banayak kekurangannya sepeti
tidak fleksibel dalam arti tidak biasa di bawa kemana-mana, pembayaran yang
mahal. Kemudian berkembanglah dengan munculnya handphone/telepon genggam, yang
lebih sering disebut HP lebih mendaptkan keuntungannya dibanding telepon biasa.
Keuntungan yaitu bentuknya yang kecil memungkinkan untuk mudah dibawa kemana-mana, kemudian
banyak fasilitas didalamnya yang dapat membantu aktifitas manusia contohnya
seperti terdapat fasilitas SMS(sort message sevis) atau layanan pesan singkat.
Tanpa harus menelpon orang yang ingin di tuju kita biasa mengirimkan pesan
singkat dengan harga pengiriman yang murah dan juga cepat, kemudian terdapat
kalkulator(alat hitung digital), kalender, penunjuk jam, pemutar music, pemutar
video, kamera, dan fasilitas internet. Dengan smenggunakan computer dan jaringan
computer kita biasa mendapatkan informasi melalui internet hanya dengan sebuah
Handphone(HP).
-
Internet,
awalnya hanya dipergunakan untuk pelengkapan perang militer Amerika Serika
ditahun 1969 yang bernama ARPANET yang
digunkan untuk penyampaian informasi dari markas pusat ke markas-markas kecil
untuk menenbakan bom nuklir, ARPANET terhubung denga empat jaringan komputer
dengan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, kemudian dikembangkan kembali dan
diperkenalkan pada tahun 1972 dan dipersingkat menjadi INTERNET
INTERNET
dapat terhubung jika adanya sebuah jaringan, yaitu jaringan komputer. Semua
peralatan Jaringan komputer yang saling berhubungan dikenal sebagai jaringan
(network). Jaringan komputer dapat berupa jaringan luas wide area network
(WAN), jaringan setempat local area network (LAN) atau kombinasi keduanya.
Wide Area
Network (WAN) meliputi area
geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi seperti jasa telephone
jarak jauh, transmisi satelit dam kabel bawah laut. WAN umumnya
melibatkan host komputer dan bersgsm jenis perangkat keras dan perangkat
lunak komunikasi. Contoh WAN adalah jaringan perbankan antar daerah dan system
pemesanan penerbangan.
Local Area
Network (LAN) meliputi area terbatas,
namun perbedaan ini mulai berubah dengan semakin meluasnya ruang lingkup
cakupan LAN. LAN umumnya menghubungkan hingga ratusan komputer mikro yang
semuanya berlokasi di area geografis yang relatif kecil, seperti suatu gedung atau
beberapa gedung yang berdekatan. Perusahaan tertarik pada LAN karena LAN
memungkinkan beberapa pemakai berbagi perangkat lunak, data dan peralatan.
Kemudian
dari jaringan computer terbentuk jaringan komunikasi. Dalam
kemajuan zaman seperti ini jaringan komunikasi yang baik adalah yang
sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Orang- orang tidak
perlu lagi bersusah payah untuk mengirim surat untuk berkomunikasi dengan orang
yang jauh darinya. Hanya dengan bertelepon, chatting atau dengan menggunakan
video call, kita sudah dapat berkomunikasi. Namun dibalik itu semua, ada
baiknya kita mengetahui jaringan komunikasi yang kita gunakan.
Yang pertama adalah Fiber/ Serat Optik. Fiber Optik adalah saluran
transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau
plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat
digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat
lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED (light
emitting diode).
Keuntungan
dari Serat Optik ini adalah:
1.
Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa
banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan
kecepatan transmisi mencapai gigabit/detik dan menghantarkan informasi jarak
tanpa pengulangan.
2.
Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah
serta tingkat keamanan yang tinggi.
3.
Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat
pemakaian ruang.
4.
Kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan
gangguan gelombang radio.
5.
Non- penghantar, tidak ada tenaga listrik, dan
percikan api.
6.
Tidak berkarat.
7.
Dapat diaplikasikan di lingkungan yang
berpotensi adanya ledakan karena gas.
8.
Menawarkan tingkat kemanan data yang lebih
tinggi daripada sistem konvensional (kabel) karena tidak mudah disadap.
Sedangkan
kekurangannya adalah:
1.
Dibandingkan multimode lebih baik gunakan
singlemode karena multimode menggunakan serat optik dengan diameter core yang
agak besar yang membuat laser di dalamnya akan terpantul-pantul di dinding
cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optik jenis
ini.
2.
Adanya kemungkinan kehilangan kekuatan sinyal
karena adanya maslaah fisik, material dan kotoran.
3.
Komponennya mahal.
4.
Kabel Fiber optik mungkin bisa lebih mahal
dibandingkan dengan kabel konvesional karena fitur yang diberikan jauh lebih
baik dari pada kabel tersebut.
Yang
kedua adalah Sistem Kabel yang terdiri dari VOD, VOT, dan Qube. Video on Demand
sistem kerjanya adalah dengan PPV (pay per view) jadi kita membayar sesuai
dengan siaran TV yang kita lihat saja, dengan cara begitu kita tidak akan
mengalami kerugian yang besar apabila kita tidak menonton yang lain. VOD adalah
layaknya sebuah toko peminjaman video. VOD juga termasuk teknologi baru dalam
dunia komunikasi.
VOT
(Video Dial Tone) adalah layanan yang diotorasikan FCC (Federal Communication
Commission) dimana perusahaan telepon lokal yang berpartisipasi dipersyaratkan
untuk mennyangkut program video dari semua pihak yang meminta tanpa
memdeba-bedakan.
Qube
adalah TV berbayar pertama yang muncul sekitar tahun 1970. Qube memliki
kelebihan yaitu adanya alat vote untuk memasukan suara/ pilihan penonton.
Contohnya: saat Presiden Jimmy Carter sesaat setlah beliau berpidato, penonton
dapat memasukan vote mereka hanya dengan memencet tombol yang ada. Qube juga
memberikan kelebihan yaitu kita dapat membeli sebuah barang dengan mengklik
tombol untuk iklan yang kita lihat.
Yang
ketiga adalah Sistem Telepone. PSTN (Public Switched Telephone Network) adalah
jaringan telepone tetap (dengan kabel), termasuk hal yang sangat penting dalam
perkembangan teknologi komunikasi dunia, karena memudahkan orang dalam
berkomunikasi dengan orang di luar negeri atau tempat lain. Dalam sistem
telepon ada dua jaringan yang dapat dipakai yaitu Circuit Switching dan Poket
Switching. Circuit Switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit
yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk
berkomunikasi, point to point. Kerugian tersbesar dari teknik ini adlaah
penggunaan jalur yang bertambah banyak untuk jumlah hubungan yang meningkat.
Efek yang timbul adalah cost yang akan semakin meningkat disamping pengaturan
switching menjadi sangat komplek. Kelemahan yang lain adalah munculnya idle
time bagi jalur yang tidak digunakan. Hal ini tentu akan menambah efisiensi.
Pocket
switching adlah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan
internet. Dalam paket ini seburuh data yang dikirim dari sebuah node akan
dipecah jadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal
dan tujuan dari paket tersebut.
Keuntungan:
1.
Circuit switching lebih dapat diandalkan dlaam
keadaan penting, karena koneksinya cepat dan teratur.
2.
Pocket switching lebih efisien dalam penggunaan
sumber daya jaringan.
3.
Jaringan nirkabel biasanya untuk Circuit
Switching (telepon seluler) atau Pocket Switching (jaringan area lokal)
4.
Efisiensi jalur Pocket lebih besar karena
hubungan antar node dapat menggunakan jalur yang dipakai bersama secara
dinamis.
5.
Pocket Switching bisa mengatasi permasalahan
data rate yang berasal dari jaringan yang berbeda.
6.
Saat bedan meningkat, model Circuit Switching
akan terblokir/ tidak dapat bekerja. Sedangkan Pocket Switching akan sampai
namun lambat.
7.
Pengiriman dapat dilakukan berdasarkan
prioritas data yang terpenting.
Di
Indonesia hanya PT. Telkom yang menyediakan layanan Circuit Switching.
Yang
keempat adalah Broadband dan Home Network. Broandband adalah sebuah istilah
dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi.
Didirikan untuk memecahkan masalah koneksi internet di perkotaan besar yang
memerlukan jaringan internet dengan kecepatan tinggi. Ada 2 macam jenis yaitu
DSL dan Kabel Modem yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih. Sekitar 9 kali
lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telpon standard. Komisi
Komunikasi Federal (FCC) didefinisikan sebagai jaringan broadband dengan
kecepatan lebih dari 200 / s Kb (kilobit per detik) sampai Maret 2008, ketika
mereka akhirnya berubah definisi untuk kecepatan di atas 768 Kb / s. Pengguna
internet broadband hari ini menikmati kecepatan mulai dari 1,5 Mb / s (Megabits
per detik) ke lebih dari 100 Mb / s. Memiliki jaringan Broadband kit aakan
dapat menikmati layanan canggih seperti seperti VoIP (voice over Internet
Protocol) dan IPTV (Internet protokol televisi). Tanpa adanya Broadband, maka
kita tidak dapat menikmati berbagai content menarik seperti game online yang
banyak berkembang.
Home
Network memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan dari koneksi
broadband, dengan beberapa komputer dengan menggunakan koneksi broadband yang
sama pada waktu yang sama.
Jaringan asal memungkinkan untuk berbagi sumber daya seperti berbagi
printer. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk memindahkan konten digital di
seluruh rumah. Sebagai contoh, dengan jaringan rumah, Anda dapat memindahkan
video dari PC ke televisi Anda atau memindahkan file musik dari pemutar audio
digital ke penerima rumah.
Dari
penjelasan diatas maka kita sudah sedikit walaupun tidak terlalu mendalami
tentang jenis jaringan, setidaknya kita bertambah tentang pengetahuan teknologi.
Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara
internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan
pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan
jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).Jaringan jutaan
komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam
jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk
bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus
memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data
yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
Pihak yang telah tergabung dalam
jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang
dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server
bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan
ataupun untuk mengakses internet.
Sejalan dengan perkembangan
zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah
jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan
komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau
berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.
Pada
tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh
dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari.
Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya
memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber
informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif
apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan dijelaskan
dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.
Internet
memang merupakan suatu kebutuhan yang penting dizaman yang telah maju ini. Akan
tetapi harus selalu diingat, segala sesuatu memiliki dampak positif dan
negatif. Berikut dampak-yang ditimbulkan dari internet.
Dampak
Positif:
1. Internet sebagai media komunikasi,
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan
email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah.
3. Media untuk
mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www
sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di
internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi
untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam
bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
7. kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan
semakin mudah dibantu perangkat teknologi yang semakinberkembang dan mudah
digunakan.
8.
kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan fasilitas
e-mail,chat,sampai komunikasi secara langsung (pembicaraan) sekalipun melalui
internet.
9.
munculnya bermacam
macam komunitas dari internet itu sendiri.
10.
kita dapat dengan mudah mencari informasi yang kita butuhkan.
apalagi dengan adanya bantuan web search engine seperti google search/yahoo
searh dsb.
11.
kita dimungkinkan berbelanja melalui media internet.
12.
seiring berkembangnya bahkan internet dapat kita akses di
genggaman tangan kita sendiri yaitu dengan media handphone ini sangat positif
karena akses internet dapat kita lakukan dengan mudahnya serta dengan tarif
yang relatif sangat murah pula.
Dampak Negatif :
Pornografi
Munculnya
pornografi/konten konten dewasa. menurut saya hal ini sangat tidak masalah
dipandang dari segi konten dewasa. namun yang menjadi sisi negatifnya
adalah dengan mudahnya pornografi/konten dewasa diakses anak anak dibawah umur.
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.Violence and
Gore
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
Penipuan
Munculnya para
penipu yang memanfaatkan internet.
Hal
ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Carding
Karena sifatnya yang ‘real
time̢۪ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah
carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet
pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang
terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan
Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya
mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
Plagiarisme
munculnya budaya plagiarisme. dengan mudahnya informasi di
cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal
ini udah biasa kita sebut ‘copast’ copy paste.
Pencurian data
munculnya
pencurian dengan mengambil/menghack. mungkin ini merupakan kesenangan atau
kelebihan ilmu si pencuri namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan .
Dengan
semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya
konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu berefek tidak baik untuk
kantong.
Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya
perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke
tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs
seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak
persetujuan dari pengunjungnya.
1. Mengurangi sifat sosial manusia karena
cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara
langsung (face to face).
2. Dari sifat sosial yang berubah dapat
mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat
dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
4. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama
yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk
melayani kecanduan tersebut
Sosial
Memang
lebih banyak manfaatnya dari penggunakan internet dibidang social dan banyak
pula situs jejaring social yang menyajikan atau menyediakan kemudahan dalam berkomunikasi
seperti Friendster, Facebook, twitter, myspace dll. Akan tetapi dibalik
keuntungan ada juga dampak negatifnya yaitu, dikarenakan berkomunikasi melalui
internet tanpa bertemu secara langsung terhadap satu sama lain sehingga
mengakibatkan berkurangnya interaksi secara fisik atau silaturahmi secara fisik
dan berkurangnya kemandiriin seeorang dalam berkomunikasi secara langsung.
Selain didalam dunia komunikasi teknologi juga
titerapkan di berbagai bidang kehidupan seperti dalam rumah tangga, industri, transportasi, dll. Tenologi yang diyang digunkan di
ciptakan dalam suatu alat yang dpat bergerah dan telah diprogram sesuai
kebutuhan yang diinginkan. Alat tersebut bernama ROBOT.
Robot adalah
sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan
pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah
didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat,
berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya
termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan,
pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk
pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di
bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan
pemotong rumput.
Istilah
robot berasal dari bahasa Cekoslowakia.Kata robot berasal dari kosakata
“Robota” yang berarti “kerja cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh
seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec. Karyanya pada saat itu
berjudul “Rossum’s Universal Robot” yang artinya Robot Dunia milik Rossum.
Rossum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot
industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia.
Kata
Robotics juga berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang ditulis oleh
Isaac Asimov pada tahun 1942. Sedangkan pengertian robot secara tepat adalah
system atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan
tujuan untuk menggantikan dan mempermudah kerja/aktifitas manusia.
Untuk dapat diklasifikasikan sebagai robot, mesin harus
memiliki dua macam kemampuan yaitu:
1) Bisa
mendapatkan informasi dari sekelilingnya.
2) Bisa
melakukan sesuatu secara fisik seperti bergerak atau memanipulasi objek.
Untuk dapat dikatakan sebagai robot sebuah system tidak
perlu untuk meniru semua tingkah laku manusia, namun suatu sistem tersebut
dapat mengadopsi satu atau dua saja sistem yang ada pada diri manusia saja
sudah dapat dikatakan sebagai robot. Sistem yang diadopsi berupa sistem
penglihatan (mata), sistem pendengaran (telinga) ataupun sistem gerak.
Sebuah robot dapat saja dibuat untuk berbagai macam
aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk kebaikan
manusia. Ada hukum robotika yang perlu dipegang sebelum seseorang terjun dalam
robotika, antara lain:
1) Robot tidak
boleh menciderai manusia atau dalam keadaan tanpa aksi mengijinkan manusia
mendekat untuk disakiti.
2) Robot harus
menuruti perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut
bertentangan dengan hukum yang pertama.
3) Robot harus
melindungi eksistensinya, selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan
kedua.
Kegunaan
dari robot
Sesuai
dengan definisi robot di atas, maka terdapat banyak kegunaan dari robot. Secara
umum kegunaan robot adalah untuk menggantikan kerja manusia yang membutuhkan
ketelitian yang tinggi atau mempunyai resiko yang sangat besar atau bahakn
mengancam keselamatan manusia. Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di bagian
welding di sebuah industri assembling kendaraan, akan mempunyai resiko
kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Maka untuk mengurangi rtesiko kerja
tersebut perlu digunakan robot yang menggantikan kerja manusia di bidang
tersebut, sehingga resiko kecelakaan kerja dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
Ada juga sebagian robot yang sengaja diciptakan untuk
menemani manusia di dalam aktifitasnya. Robot-robot ini dapat disebut robot
bermain. Robot ini diciptakn untuk membantu manusia yang mengalami kesepian
diri sehingga dapat mempunyai teman. Robot-robot yang termasuk jenis ini
termasuk antar lain Battle Bots, Robot contesti, Robot Anjing.
Namun secara garis besar robot dapat diklasifikasikan
menjadi beberapa jenis antara lain:
1) Robot
industri : robot yang pakai dipabrik dan digunakan dalam bidang produksi.
2) Robot
antariksa : robot yang dibuat dan dipergunakan untuk keperluan antarisa dan
sebagai pengganti astronot dengan tujuan mengurangi kecelakaan terghadap
manusia yang membutuhkan oksigen untuk bernafas, sedangkan diluar angkas tidak
terdapat oksigen.
3) Robot
transportasi : robot yang dibuat untuk memfasilitasi transportasi, contohnya
mobil motor, scouter,dll.
4) Robot
perang : robot yang digunakan untuk membantu dan memfasilitasi persenjataan
militer. Contohnya robot peluncur rudal ,robot penjinak bom.
5) Robot
kendali jarak jauh : robot yang dibuat dan diprogram dengan system kendali
jarak jauh.
Contohnya, robot pesawat tempur. Dengan sistem
operasi kendali jarak jauh, dengan
operator yang mengendalikan pesawat tersebut hanya dimarkas.
6) Robot
kedokteran : robot yang dipakai dalam dunia kedokteran. Contohnya, robot yang bias menggantikan dokter dengan system
kendali jarak jauh. Robot untuk memindai tubuh, dll.
7) Robot
bermain, robot yang dibuat untuk bermain contoh Nintendo wi, xbox dll.
Robot Era Modern
Robot
era modern kini lebih banyak dikembangkan untuk riset daripada penyerupaan
manusia. Sehingga memiliki kecerdasan sendiri nahkan ada rencana untuk membuat
robot yang bisa ditandingkan dengan kecerdasan menyerupai manusia.
Contoh:
Robot
Asimo buatan Honda (Jepan). Robot
Asimoemiliki bentuk menyerupai manusia,
dengan memiliki kecerdasan tinggi. Robaot asimo deprogram untuk dapat berjalan,
bersuara, bermain musik, Mampu berjalan mengikuti seseorang. berdansa, dan
menjalankan tugas rumah tangga. Dan bisa sebagai resepsionis dan menyediakan informasi
secara otomatis.
Semua pembahasan diatas berawal dari terciptanya sebuah alat
elektronik yang dapat mengerjakan dan membantu segala kegiatan manusia yang
nama KOMPUTER. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat komputer pun
semakin canggih dan manusia di zaman modern sekarang ini tidak biasa terlepas
dari teknologi dan computer maka terjadilah interaksi manusia-komputer(IMK)
A.
Manusia-Komputer (IMK) pada Perkembangan Teknologi
Komputer
Pertumbuhan
teknologi komputer tidak boleh memiliki pengaruh negatif terhadap nilai dasar
manusia (Universitas Nottingham). Kemajuan antarmuka dan teknik lain dari
pengontrolan komputer (seperti dengan menggunakan joystick dan fingertip) mendukung
peran keyboard dan mouse tradisional.
IMK
harus dipastikan bahwa kita (manusia) yang tetap memegang kunci dalam membuat
keputusan. Maka dari itu, “Being Human” menjadi usulan bagi IMK di tahun 2020.
Hal ini dilaporkan secara detil di konferensi pada Maret 2007, tentang penemuan
Microsoft, yang dihadiri oleh ahli-ahli IMK dari seluruh dunia. Pada 2020, kita
masih dapat membaca koran ataupun majalah, tetapi konten dari koran atau
majalah tersebut akan didistribusikan secara digital dan ditampilkan melalui
layar yang dapat dilipat dan dapat ditaruh di saku Anda; atau bahkan pakaian
kita dapat menunjukkan diagnosa kesehatan kita.
Namun,
penting sekali dimana kita harus mengkombinasikan inovasi dengan pemahaman
tentang pengaruhnya terhadap manusia. Tanpa pengawasan dan penilaian yang
benar, maka akan terjadi kemungkinan bahwa manusia-individual ataupun
kolektif-tidak dikontrol oleh diri kita sendiri ataupun orang di sekitar kita.
Hal
ini dapat menyebabkan komputer bertabrakan dengan nilai dasar manusia dan konsep
manusia seperti wilayah pribadi, masyarakat, identitas, kebebasan, persepsi,
kecerdasan, dan privasi. Abigail Sellen, peneliti senior di Microsoft Corp
mengatakan bahwa komputer telah membentuk banyak aspek di dunia modern dimana
kita ingin menelusuri kemunculan teknologi saat ini yang mungkin membentuk
kehidupan kita di 2020.
Selain
itu, dia mengatakan bahwa komputasi memiliki potensi untuk meningkatkan
kehidupan jutaan manusia di dunia. Dia percaya jika teknologi benar-benar
membawa keuntungan untuk umat manusia, maka nilai manusia dan pengaruh
teknologi harus dipertimbangkan segera pada proses desain teknologi. Maka,
rekomendasi untuk Microsoft Corp adalah dengan IMK 2020 dapat mendesain dan
mendukung nilai manusia, tidak tergantung pada cara yang bernilai ekonomi untuk
mendapatkan nilai tersebut.
Microsoft
telah memperhatikan masa depan IMK dan interface grafis berulang-ulang pada
Windows OS, sampai 2020. Dijadwalkan tersedia pada 2010, Windows 7 (versi
setelah Windows Vista) menuju ke peningkatan peran, dalam pandangan perusahaan
Redmond, yaitu natural user interface pada level desktop, notebook, tabletop
surface computer, tablet PC, dll. Tanpa ragu-ragu, GUI yang ditawarkan komputer
dan OS sekarang tidak akan terpakai lagi di tahun 2020.
Perhatian telah beralih pada multi-touch, gerakan,
pengenalan objek, speech dan bahkan antarmuka otak-komputer. Semua itu
dipayungi oleh natural user interfaces, suatu bagian yang menjadi fokus Bill
Gates.
B. “Being Human”, IMK Tahun 2020
Komputer
telah mengubah hidup manusia. Komputer mempengaruhi bagaimana kita mengerjakan
aktivitas yang paling membosankan, seperti membeli makanan, dan membayar
tagihan. Komputer juga dapat memberikan pengalaman baru, misalnya, membolehkan
kita berkomunikasi dengan orang lain melalui dunia virtual, dari bagian bumi
manapun.
Contoh
lain adalah fotografi, dari yang menggunakan kamera berbasis kimia sampai
digital. Dengan kamera digital, user masih tetap dapat “point dan shoot” dengan
cara yang hampir sama dengan kamera berbasis kimia.
GUI
telah mendominasi cara berinteraksi dengan komputer selama lebih dari 20 tahun.
Banyak kesalahan manusia yang dapat ditangani, seperti kesalahan menulis ‘teh’
maka oleh spell checker akan diperbaiki menjadi ‘the’, kesalahan menghapus maka
dapat di-undo.
Tetapi
ternyata hal tersebut kurang sempurna. Hal ini disebabkan kebanyakan di antara
kita menderita sakit punggung dan beberapa di antara kita terkadang memukul
tombol dan menekan mouse selama berjam-jam. Para peneliti mengetahui bahwa
pointing, clicking, dan dragging bukan bentuk interaksi yang ideal bagi banyak
task. Contohnya adalah ketika kita ingin menggambar bunga atau menuliskan nama
dengan menggunakan mouse.
Beberapa
tahun terakhir, teknik input yang baru telah dibangun. Teknik ini lebih kaya
dan tidak rentan terhadap kelemahan interaksi keyboard dan mouse. Contohnya
adalah sistem pengenalan suara yang mendukung interaksi “alami”, memungkinkan
user melakukan perintah melalui suara. Permukaan multi-touch memungkinkan
interaksi dengan tangan dan fingertips pada permukaan yang sensitif terhadap
sentuhan, memungkinkan kita memanipulasi objek secara digital seolah-olah
seperti secara fisik.
Antarmuka
yang nyata juga telah dibangun, dimana setiap objek fisik di-embed dengan
komputasi, dapat merasakan dan memberikan reaksi ketika objek tersebut diambil,
dimanipulasi, dan dipindahkan.
Pendekatan
ini sudah ditemukan pada boneka dan sistem permainan seperti Nintendo Wii.
Sekarang kita juga dapat melihat adanya antarmuka otak-komputer. Dengan
demikian, seseorang yang memiliki keterbatasan fisik dapat menggunakan gelombak
otak-nya untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Banyak perubahan yang terjadi
pada manusia dalam hubungannya dengan komputer.
Reactbale.
Antarmuka multi-touch untuk bermain musik. User dapat berinteraksi dengan
antarmuka tersebut secara simultan dengan memindahkan dan memutar objek fisik
di permukaannya. Dikembangkan oleh Sergi Jordà dan rekan-rekannya di
Universitas Pompeu Fabra, Barcelona.
Kesimpulan :
Dari
semua perkembangan yang ada baik itu teknologi komikasi, jaringan komunikasi,
teknologi robot dll. Semua pasti memiliki dampak positif dan dampak negatifnya
. kita ambil secara umum dan garis besarnya. Dampak positifnya adalah dengan berkembangnya teknologi,
berarti bekembang pula kecerdasan manusia, serta dapat membantu kegiatan
manusia disegala bidang menjadi lebih mudah,cepat, dan efisien(hemat waktu dan
biaya).
Kemudian
dampak negatifnya adalah jika masa depan teknologi lebih diutama maka ada beberapa
bidang yang akan dirugikan, seperti alam contohnya, terinspirasi pada film
animasi Wall-E, alam menjadi
terabaikan dan tercemar karena manusia terlalu fokus terhadap kemajuan
teknologi, barang-barang yang lama menjadi tidak terpakai dan hanya menjadi
sampah. Kemudian , apabila teknologi robot telah dijadikan prioritas dalam
kehidupan sehari-hari maka manusia akan ketergantungan terhadap robot itu
sendiri dan akan merubah manusia menjadi pemalas.
Pemalas dalam arti, tidak adanya
upaya untuk melakukan sesuatu dengan usaha sendiri karena hanya mengandalkan
tenaga robot. Selain itu, tenaga manusia menjadi tidak berguna lagi bila selalu
mengandalkan tenaga robot dalam segala kegitan. Di dunia industry contonya.
Tenaga manusia tidak terpakai lagi ketika tenaga robot dipakai dalam proses
industry, maka hal ini akan mengakibatkan banyaknya pengangguran dan bias
kemungkinan akan mengakibatkan bertambahnya angka kemiskinan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar