Kamis, 01 Desember 2011

Hubungan Manusia, Jaringan Komunikasi dan Perkembangan Teknologi

Tahun ke tahun, masa ke masa dan zaman ke zaman peradaban manusia semakin berkembang dan maju, banyak yang berubah setiap masa ke masa dan zaman. Terutama dibidang teknologi, sebelum membahas lebih jauh kita bahas terlebih dahulu tentang definisi dan pengertian dari kata teknologi itu sendiri.
·         Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia
·         Teknologi adalah ; 1) Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik 2) Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri (Harahap, Poerbahawadja, 1982 : 1357). # Teknologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan industri bangunan, mesin- mesin dan sebagainya ( Salim, 1985 : 2015)
·         Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi).
Hampir seluruh negara di dunia berlomba-lomba mengembangakan teknologi, terutama negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Russia, Jepang, Korea dll. Semua itu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari teknologi tersebut yaitu menjadikan segala kegiatan manusia agar menjadi lebih baik, cepat, murah, dan efisien.
Hampir seluruh bidang mulai diterapkan dengan menggunakan teknologi, antara lain bidang otomotif, rumah tangga, pendidikan, fasilitas umum, dan yang paling diutamakan saat ini yaitu dibidang komunikasi.  Perangkat yang dipergunakan dalam berkomunikasi anatra lain :
-          Telepon, berawal dari telepon kemudian berkembang menjadi telepon genggam (Handphone). Telpon hanya dapat digunkan untuk perbincangan dua arah selain itu telpon banayak kekurangannya sepeti tidak fleksibel dalam arti tidak biasa di bawa kemana-mana, pembayaran yang mahal. Kemudian berkembanglah dengan munculnya handphone/telepon genggam, yang lebih sering disebut HP lebih mendaptkan keuntungannya dibanding telepon biasa. Keuntungan yaitu bentuknya yang kecil memungkinkan   untuk mudah dibawa kemana-mana, kemudian banyak fasilitas didalamnya yang dapat membantu aktifitas manusia contohnya seperti terdapat fasilitas SMS(sort message sevis) atau layanan pesan singkat. Tanpa harus menelpon orang yang ingin di tuju kita biasa mengirimkan pesan singkat dengan harga pengiriman yang murah dan juga cepat, kemudian terdapat kalkulator(alat hitung digital), kalender, penunjuk jam, pemutar music, pemutar video, kamera, dan fasilitas internet.  Dengan smenggunakan computer dan jaringan computer kita biasa mendapatkan informasi melalui internet hanya dengan sebuah Handphone(HP).
-          Internet, awalnya hanya dipergunakan untuk pelengkapan perang militer Amerika Serika ditahun 1969  yang bernama ARPANET yang digunkan untuk penyampaian informasi dari markas pusat ke markas-markas kecil untuk menenbakan bom nuklir, ARPANET terhubung denga empat jaringan komputer dengan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah,  kemudian dikembangkan kembali dan diperkenalkan pada tahun 1972 dan dipersingkat  menjadi INTERNET
                INTERNET dapat terhubung jika adanya sebuah jaringan, yaitu jaringan komputer. Semua peralatan Jaringan komputer yang saling berhubungan dikenal sebagai jaringan (network). Jaringan komputer dapat berupa jaringan luas wide area network (WAN), jaringan setempat local area network (LAN) atau kombinasi keduanya.
Wide Area Network (WAN)  meliputi area geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi seperti jasa telephone jarak jauh,  transmisi satelit dam kabel bawah laut. WAN umumnya melibatkan  host komputer dan bersgsm jenis perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi. Contoh WAN adalah jaringan perbankan antar daerah dan system pemesanan penerbangan.
Local Area Network (LAN) meliputi area terbatas, namun perbedaan ini mulai berubah dengan semakin meluasnya ruang lingkup cakupan LAN. LAN umumnya menghubungkan hingga ratusan komputer mikro yang semuanya berlokasi di area geografis yang relatif kecil, seperti suatu gedung atau beberapa gedung yang berdekatan. Perusahaan tertarik pada LAN karena LAN memungkinkan beberapa pemakai berbagi perangkat lunak, data dan peralatan.
Kemudian dari jaringan computer terbentuk jaringan komunikasi. Dalam  kemajuan zaman seperti ini jaringan komunikasi yang baik adalah yang sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Orang- orang tidak perlu lagi bersusah payah untuk mengirim surat untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh darinya. Hanya dengan bertelepon, chatting atau dengan menggunakan video call, kita sudah dapat berkomunikasi. Namun dibalik itu semua, ada baiknya kita mengetahui jaringan komunikasi yang kita gunakan.

Yang pertama adalah Fiber/ Serat Optik. Fiber Optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED (light emitting diode).
Keuntungan dari Serat Optik ini adalah:
1.       Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit/detik dan menghantarkan informasi jarak tanpa pengulangan.
2.       Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang tinggi.
3.       Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang.
4.       Kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio.
5.       Non- penghantar, tidak ada tenaga listrik, dan percikan api.
6.       Tidak berkarat.
7.       Dapat diaplikasikan di lingkungan yang berpotensi adanya ledakan karena gas.
8.       Menawarkan tingkat kemanan data yang lebih tinggi daripada sistem konvensional (kabel) karena tidak mudah disadap.
Sedangkan kekurangannya adalah:
1.       Dibandingkan multimode lebih baik gunakan singlemode karena multimode menggunakan serat optik dengan diameter core yang agak besar yang membuat laser di dalamnya akan terpantul-pantul di dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optik jenis ini.
2.       Adanya kemungkinan kehilangan kekuatan sinyal karena adanya maslaah fisik, material dan kotoran.
3.       Komponennya mahal.
4.       Kabel Fiber optik mungkin bisa lebih mahal dibandingkan dengan kabel konvesional karena fitur yang diberikan jauh lebih baik dari pada kabel tersebut.
Yang kedua adalah Sistem Kabel yang terdiri dari VOD, VOT, dan Qube. Video on Demand sistem kerjanya adalah dengan PPV (pay per view) jadi kita membayar sesuai dengan siaran TV yang kita lihat saja, dengan cara begitu kita tidak akan mengalami kerugian yang besar apabila kita tidak menonton yang lain. VOD adalah layaknya sebuah toko peminjaman video. VOD juga termasuk teknologi baru dalam dunia komunikasi.
VOT (Video Dial Tone) adalah layanan yang diotorasikan FCC (Federal Communication Commission) dimana perusahaan telepon lokal yang berpartisipasi dipersyaratkan untuk mennyangkut program video dari semua pihak yang meminta tanpa memdeba-bedakan.
Qube adalah TV berbayar pertama yang muncul sekitar tahun 1970. Qube memliki kelebihan yaitu adanya alat vote untuk memasukan suara/ pilihan penonton. Contohnya: saat Presiden Jimmy Carter sesaat setlah beliau berpidato, penonton dapat memasukan vote mereka hanya dengan memencet tombol yang ada. Qube juga memberikan kelebihan yaitu kita dapat membeli sebuah barang dengan mengklik tombol untuk iklan yang kita lihat.
Yang ketiga adalah Sistem Telepone. PSTN (Public Switched Telephone Network) adalah jaringan telepone tetap (dengan kabel), termasuk hal yang sangat penting dalam perkembangan teknologi komunikasi dunia, karena memudahkan orang dalam berkomunikasi dengan orang di luar negeri atau tempat lain. Dalam sistem telepon ada dua jaringan yang dapat dipakai yaitu Circuit Switching dan Poket Switching. Circuit Switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi, point to point. Kerugian tersbesar dari teknik ini adlaah penggunaan jalur yang bertambah banyak untuk jumlah hubungan yang meningkat. Efek yang timbul adalah cost yang akan semakin meningkat disamping pengaturan switching menjadi sangat komplek. Kelemahan yang lain adalah munculnya idle time bagi jalur yang tidak digunakan. Hal ini tentu akan menambah efisiensi.
Pocket switching adlah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam paket ini seburuh data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah jadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket tersebut.



Keuntungan:
1.       Circuit switching lebih dapat diandalkan dlaam keadaan penting, karena koneksinya cepat dan teratur.
2.       Pocket switching lebih efisien dalam penggunaan sumber daya jaringan.
3.       Jaringan nirkabel biasanya untuk Circuit Switching (telepon seluler) atau Pocket Switching (jaringan area lokal)
4.       Efisiensi jalur Pocket lebih besar karena hubungan antar node dapat menggunakan jalur yang dipakai bersama secara dinamis.
5.       Pocket Switching bisa mengatasi permasalahan data rate yang berasal dari jaringan yang berbeda.
6.       Saat bedan meningkat, model Circuit Switching akan terblokir/ tidak dapat bekerja. Sedangkan Pocket Switching akan sampai namun lambat.
7.       Pengiriman dapat dilakukan berdasarkan prioritas data yang terpenting.
Di Indonesia hanya PT. Telkom yang menyediakan layanan Circuit Switching.
Yang keempat adalah Broadband dan Home Network. Broandband adalah sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Didirikan untuk memecahkan masalah koneksi internet di perkotaan besar yang memerlukan jaringan internet dengan kecepatan tinggi. Ada 2 macam jenis yaitu DSL dan Kabel Modem yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih. Sekitar 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telpon standard. Komisi Komunikasi Federal (FCC) didefinisikan sebagai jaringan broadband dengan kecepatan lebih dari 200 / s Kb (kilobit per detik) sampai Maret 2008, ketika mereka akhirnya berubah definisi untuk kecepatan di atas 768 Kb / s. Pengguna internet broadband hari ini menikmati kecepatan mulai dari 1,5 Mb / s (Megabits per detik) ke lebih dari 100 Mb / s. Memiliki jaringan Broadband kit aakan dapat menikmati layanan canggih seperti seperti VoIP (voice over Internet Protocol) dan IPTV (Internet protokol televisi). Tanpa adanya Broadband, maka kita tidak dapat menikmati berbagai content menarik seperti game online yang banyak berkembang.
Home Network memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan dari koneksi broadband, dengan beberapa komputer dengan menggunakan koneksi broadband yang sama pada waktu yang sama.
Jaringan asal memungkinkan untuk berbagi sumber daya seperti berbagi printer. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk memindahkan konten digital di seluruh rumah. Sebagai contoh, dengan jaringan rumah, Anda dapat memindahkan video dari PC ke televisi Anda atau memindahkan file musik dari pemutar audio digital ke penerima rumah.
Dari penjelasan diatas maka kita sudah sedikit walaupun tidak terlalu mendalami tentang jenis jaringan, setidaknya kita bertambah tentang pengetahuan teknologi.
               
            Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
                Pihak yang telah tergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet.
                Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.
Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.
 Internet memang merupakan suatu kebutuhan yang penting dizaman yang telah maju ini. Akan tetapi harus selalu diingat, segala sesuatu memiliki dampak positif dan negatif. Berikut dampak-yang ditimbulkan dari internet.
Dampak Positif:
1.     Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.     Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3.     Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4.    Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5.     Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6.     Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
7.      kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan semakin mudah dibantu perangkat teknologi yang semakinberkembang dan mudah digunakan.
8.          kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan fasilitas e-mail,chat,sampai komunikasi secara langsung (pembicaraan) sekalipun melalui internet.
9.          munculnya bermacam macam komunitas dari internet itu sendiri.
10.   kita dapat dengan mudah mencari informasi yang kita butuhkan. apalagi dengan adanya bantuan web search engine seperti google search/yahoo searh dsb.
11.   kita dimungkinkan berbelanja melalui media internet.
12.   seiring berkembangnya bahkan internet dapat kita akses di genggaman tangan kita sendiri yaitu dengan media handphone ini sangat positif karena akses internet dapat kita lakukan dengan mudahnya serta dengan tarif yang relatif sangat murah pula.

Dampak Negatif :


Pornografi
Munculnya pornografi/konten konten dewasa. menurut saya hal ini sangat tidak masalah dipandang dari segi konten dewasa. namun yang menjadi  sisi negatifnya adalah dengan mudahnya pornografi/konten dewasa diakses anak anak dibawah umur.
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.Violence and
Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
Penipuan
Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Carding
                Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.




Plagiarisme
munculnya budaya plagiarisme. dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut ‘copast’ copy paste.

Pencurian data
munculnya pencurian dengan mengambil/menghack. mungkin ini merupakan kesenangan atau kelebihan ilmu si pencuri namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan .

Dengan semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu berefek tidak baik untuk kantong.

Perjudian
                Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
1.     Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
2.     Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
3.     Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
4.     Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut
Sosial
Memang lebih banyak manfaatnya dari penggunakan internet dibidang social dan banyak pula situs jejaring social yang menyajikan atau menyediakan kemudahan dalam berkomunikasi seperti Friendster, Facebook, twitter, myspace dll. Akan tetapi dibalik keuntungan ada juga dampak negatifnya yaitu, dikarenakan berkomunikasi melalui internet tanpa bertemu secara langsung terhadap satu sama lain sehingga mengakibatkan berkurangnya interaksi secara fisik atau silaturahmi secara fisik dan berkurangnya kemandiriin seeorang dalam berkomunikasi secara langsung. 

Selain didalam dunia komunikasi teknologi juga titerapkan di berbagai bidang kehidupan seperti dalam rumah tangga, industri, transportasi, dll. Tenologi yang diyang digunkan di ciptakan dalam suatu alat yang dpat bergerah dan telah diprogram sesuai kebutuhan yang diinginkan. Alat tersebut bernama ROBOT.
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
Istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia.Kata robot berasal dari kosakata “Robota” yang berarti “kerja cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec. Karyanya pada saat itu berjudul “Rossum’s Universal Robot” yang artinya Robot Dunia milik Rossum. Rossum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia.
Kata Robotics juga berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang ditulis oleh Isaac Asimov pada tahun 1942. Sedangkan pengertian robot secara tepat adalah system atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan tujuan untuk menggantikan dan mempermudah kerja/aktifitas manusia.
Untuk dapat diklasifikasikan sebagai robot, mesin harus memiliki dua macam kemampuan yaitu:
1)    Bisa mendapatkan informasi dari sekelilingnya.
2)    Bisa melakukan sesuatu secara fisik seperti bergerak atau memanipulasi objek.
Untuk dapat dikatakan sebagai robot sebuah system tidak perlu untuk meniru semua tingkah laku manusia, namun suatu sistem tersebut dapat mengadopsi satu atau dua saja sistem yang ada pada diri manusia saja sudah dapat dikatakan sebagai robot. Sistem yang diadopsi berupa sistem penglihatan (mata), sistem pendengaran (telinga) ataupun sistem gerak.
Sebuah robot dapat saja dibuat untuk berbagai macam aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk kebaikan manusia. Ada hukum robotika yang perlu dipegang sebelum seseorang terjun dalam robotika, antara lain:
1)    Robot tidak boleh menciderai manusia atau dalam keadaan tanpa aksi mengijinkan manusia mendekat untuk disakiti.
2)    Robot harus menuruti perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan hukum yang pertama.
3)    Robot harus melindungi eksistensinya, selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua.

Kegunaan dari robot
Sesuai dengan definisi robot di atas, maka terdapat banyak kegunaan dari robot. Secara umum kegunaan robot adalah untuk menggantikan kerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi atau mempunyai resiko yang sangat besar atau bahakn mengancam keselamatan manusia. Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di bagian welding di sebuah industri assembling kendaraan, akan mempunyai resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Maka untuk mengurangi rtesiko kerja tersebut perlu digunakan robot yang menggantikan kerja manusia di bidang tersebut, sehingga resiko kecelakaan kerja dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
Ada juga sebagian robot yang sengaja diciptakan untuk menemani manusia di dalam aktifitasnya. Robot-robot ini dapat disebut robot bermain. Robot ini diciptakn untuk membantu manusia yang mengalami kesepian diri sehingga dapat mempunyai teman. Robot-robot yang termasuk jenis ini termasuk antar lain Battle Bots, Robot contesti, Robot Anjing.
Namun secara garis besar robot dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis antara lain:
1)    Robot industri : robot yang pakai dipabrik dan  digunakan dalam bidang produksi.
2)    Robot antariksa : robot yang dibuat dan dipergunakan untuk keperluan antarisa dan sebagai pengganti astronot dengan tujuan mengurangi kecelakaan terghadap manusia yang membutuhkan oksigen untuk bernafas, sedangkan diluar angkas tidak terdapat oksigen.
3)    Robot transportasi : robot yang dibuat untuk memfasilitasi transportasi, contohnya mobil motor, scouter,dll.
4)    Robot perang : robot yang digunakan untuk membantu dan memfasilitasi persenjataan militer. Contohnya robot peluncur rudal ,robot penjinak bom.
5)    Robot kendali jarak jauh : robot yang dibuat dan diprogram dengan system kendali jarak jauh.
Contohnya, robot pesawat tempur. Dengan sistem operasi  kendali jarak jauh, dengan operator yang mengendalikan pesawat tersebut hanya dimarkas.
6)    Robot kedokteran : robot yang dipakai dalam dunia kedokteran. Contohnya, robot  yang bias menggantikan dokter dengan system kendali jarak jauh. Robot untuk memindai tubuh, dll.
7)    Robot bermain, robot yang dibuat untuk bermain contoh Nintendo wi, xbox dll.

Robot Era Modern
Robot era modern kini lebih banyak dikembangkan untuk riset daripada penyerupaan manusia. Sehingga memiliki kecerdasan sendiri nahkan ada rencana untuk membuat robot yang bisa ditandingkan dengan kecerdasan menyerupai manusia.
                                             
Contoh:
 Robot Asimo buatan Honda  (Jepan). Robot Asimoemiliki bentuk menyerupai  manusia, dengan memiliki kecerdasan tinggi. Robaot asimo deprogram untuk dapat berjalan, bersuara, bermain musik, Mampu berjalan mengikuti seseorang. berdansa, dan menjalankan tugas rumah tangga. Dan bisa sebagai resepsionis dan menyediakan informasi secara otomatis.




Semua pembahasan diatas berawal dari terciptanya sebuah alat elektronik yang dapat mengerjakan dan membantu segala kegiatan manusia yang nama KOMPUTER. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat komputer pun semakin canggih dan manusia di zaman modern sekarang ini tidak biasa terlepas dari teknologi dan computer maka terjadilah interaksi manusia-komputer(IMK)
A.                  Manusia-Komputer (IMK) pada Perkembangan Teknologi Komputer
Pertumbuhan teknologi komputer tidak boleh memiliki pengaruh negatif terhadap nilai dasar manusia (Universitas Nottingham). Kemajuan antarmuka dan teknik lain dari pengontrolan komputer (seperti dengan menggunakan joystick dan fingertip) mendukung peran keyboard dan mouse tradisional.
IMK harus dipastikan bahwa kita (manusia) yang tetap memegang kunci dalam membuat keputusan. Maka dari itu, “Being Human” menjadi usulan bagi IMK di tahun 2020. Hal ini dilaporkan secara detil di konferensi pada Maret 2007, tentang penemuan Microsoft, yang dihadiri oleh ahli-ahli IMK dari seluruh dunia. Pada 2020, kita masih dapat membaca koran ataupun majalah, tetapi konten dari koran atau majalah tersebut akan didistribusikan secara digital dan ditampilkan melalui layar yang dapat dilipat dan dapat ditaruh di saku Anda; atau bahkan pakaian kita dapat menunjukkan diagnosa kesehatan kita.
Namun, penting sekali dimana kita harus mengkombinasikan inovasi dengan pemahaman tentang pengaruhnya terhadap manusia. Tanpa pengawasan dan penilaian yang benar, maka akan terjadi kemungkinan bahwa manusia-individual ataupun kolektif-tidak dikontrol oleh diri kita sendiri ataupun orang di sekitar kita.
Hal ini dapat menyebabkan komputer bertabrakan dengan nilai dasar manusia dan konsep manusia seperti wilayah pribadi, masyarakat, identitas, kebebasan, persepsi, kecerdasan, dan privasi. Abigail Sellen, peneliti senior di Microsoft Corp mengatakan bahwa komputer telah membentuk banyak aspek di dunia modern dimana kita ingin menelusuri kemunculan teknologi saat ini yang mungkin membentuk kehidupan kita di 2020.
Selain itu, dia mengatakan bahwa komputasi memiliki potensi untuk meningkatkan kehidupan jutaan manusia di dunia. Dia percaya jika teknologi benar-benar membawa keuntungan untuk umat manusia, maka nilai manusia dan pengaruh teknologi harus dipertimbangkan segera pada proses desain teknologi. Maka, rekomendasi untuk Microsoft Corp adalah dengan IMK 2020 dapat mendesain dan mendukung nilai manusia, tidak tergantung pada cara yang bernilai ekonomi untuk mendapatkan nilai tersebut.
Microsoft telah memperhatikan masa depan IMK dan interface grafis berulang-ulang pada Windows OS, sampai 2020. Dijadwalkan tersedia pada 2010, Windows 7 (versi setelah Windows Vista) menuju ke peningkatan peran, dalam pandangan perusahaan Redmond, yaitu natural user interface pada level desktop, notebook, tabletop surface computer, tablet PC, dll. Tanpa ragu-ragu, GUI yang ditawarkan komputer dan OS sekarang tidak akan terpakai lagi di tahun 2020.
Perhatian telah beralih pada multi-touch, gerakan, pengenalan objek, speech dan bahkan antarmuka otak-komputer. Semua itu dipayungi oleh natural user interfaces, suatu bagian yang menjadi fokus Bill Gates.

B.     “Being Human”, IMK Tahun 2020
Komputer telah mengubah hidup manusia. Komputer mempengaruhi bagaimana kita mengerjakan aktivitas yang paling membosankan, seperti membeli makanan, dan membayar tagihan. Komputer juga dapat memberikan pengalaman baru, misalnya, membolehkan kita berkomunikasi dengan orang lain melalui dunia virtual, dari bagian bumi manapun.
Contoh lain adalah fotografi, dari yang menggunakan kamera berbasis kimia sampai digital. Dengan kamera digital, user masih tetap dapat “point dan shoot” dengan cara yang hampir sama dengan kamera berbasis kimia.
GUI telah mendominasi cara berinteraksi dengan komputer selama lebih dari 20 tahun. Banyak kesalahan manusia yang dapat ditangani, seperti kesalahan menulis ‘teh’ maka oleh spell checker akan diperbaiki menjadi ‘the’, kesalahan menghapus maka dapat di-undo.
Tetapi ternyata hal tersebut kurang sempurna. Hal ini disebabkan kebanyakan di antara kita menderita sakit punggung dan beberapa di antara kita terkadang memukul tombol dan menekan mouse selama berjam-jam. Para peneliti mengetahui bahwa pointing, clicking, dan dragging bukan bentuk interaksi yang ideal bagi banyak task. Contohnya adalah ketika kita ingin menggambar bunga atau menuliskan nama dengan menggunakan mouse.
Beberapa tahun terakhir, teknik input yang baru telah dibangun. Teknik ini lebih kaya dan tidak rentan terhadap kelemahan interaksi keyboard dan mouse. Contohnya adalah sistem pengenalan suara yang mendukung interaksi “alami”, memungkinkan user melakukan perintah melalui suara. Permukaan multi-touch memungkinkan interaksi dengan tangan dan fingertips pada permukaan yang sensitif terhadap sentuhan, memungkinkan kita memanipulasi objek secara digital seolah-olah seperti secara fisik.
Antarmuka yang nyata juga telah dibangun, dimana setiap objek fisik di-embed dengan komputasi, dapat merasakan dan memberikan reaksi ketika objek tersebut diambil, dimanipulasi, dan dipindahkan.
Pendekatan ini sudah ditemukan pada boneka dan sistem permainan seperti Nintendo Wii. Sekarang kita juga dapat melihat adanya antarmuka otak-komputer. Dengan demikian, seseorang yang memiliki keterbatasan fisik dapat menggunakan gelombak otak-nya untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Banyak perubahan yang terjadi pada manusia dalam hubungannya dengan komputer.
Reactbale. Antarmuka multi-touch untuk bermain musik. User dapat berinteraksi dengan antarmuka tersebut secara simultan dengan memindahkan dan memutar objek fisik di permukaannya. Dikembangkan oleh Sergi Jordà dan rekan-rekannya di Universitas Pompeu Fabra, Barcelona.



Kesimpulan :
Dari semua perkembangan yang ada baik itu teknologi komikasi, jaringan komunikasi, teknologi robot dll. Semua pasti memiliki dampak positif dan dampak negatifnya . kita ambil secara umum dan garis besarnya. Dampak  positifnya adalah dengan berkembangnya teknologi, berarti bekembang pula kecerdasan manusia, serta dapat membantu kegiatan manusia disegala bidang menjadi lebih mudah,cepat, dan efisien(hemat waktu dan biaya).
Kemudian dampak negatifnya adalah jika masa depan teknologi lebih diutama maka ada beberapa bidang yang akan dirugikan, seperti alam contohnya, terinspirasi pada film animasi Wall-E, alam menjadi terabaikan dan tercemar karena manusia terlalu fokus terhadap kemajuan teknologi, barang-barang yang lama menjadi tidak terpakai dan hanya menjadi sampah. Kemudian , apabila teknologi robot telah dijadikan prioritas dalam kehidupan sehari-hari maka manusia akan ketergantungan terhadap robot itu sendiri dan akan merubah manusia menjadi pemalas. Pemalas dalam arti, tidak adanya upaya untuk melakukan sesuatu dengan usaha sendiri karena hanya mengandalkan tenaga robot. Selain itu, tenaga manusia menjadi tidak berguna lagi bila selalu mengandalkan tenaga robot dalam segala kegitan. Di dunia industry contonya. Tenaga manusia tidak terpakai lagi ketika tenaga robot dipakai dalam proses industry, maka hal ini akan mengakibatkan banyaknya pengangguran dan bias kemungkinan akan mengakibatkan bertambahnya angka kemiskinan.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar